Sambutan Walikota

walikota semarang

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam damai, salam sejahtera buat kita semuanya.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengamanatkan Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Selaras dengan Visi-Misi Kota Semarang 2021-2024, kami berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia yang unggul dan produktif untuk mencapai kesejahteraan dan keadilan sosial.

Kita semua menyadari bahwa saat ini penyelenggaraan sistem pendidikan harus beradaptasi dengan era new normal akibat pandemi Covid-19. Maka demi mencegah penyebaran virus, pemanfaatan teknologi menjadi jalan utama termasuk proses pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang TK, SD dan SMP dilaksanakan dalam jaringan (daring). Sejatinya, PPDB daring adalah salah satu wujud adaptasi kita demi mengurangi kerumunan, sekaligus kemudahan mengurangi mobilitas karena dapat dilakukan dimanapun, bahkan di rumah masing-masing.

Saya mengajak masyarakat, orang tua/wali, peserta didik, sekolah, serta seluruh stakeholder yang terlibat dengan leading sector Dinas Pendidikan Kota Semarang dapat bersinergi dalam rangka mewujudkan PPDB Tahun 2021 dilaksanakan secara objektif, transparan, akuntabel, tidak diskriminatif dan berkeadilan.

Dengan PPDB daring ini, saya berharap semua lapisan masyarakat mempunyai kesempatan yang sama sehingga tidak ada lagi anak putus sekolah atau tidak tertampung di sekolah negeri maupun swasta, di semua jenjang pendidikan.

Terakhir, saya mengucapkan terima kasih kepada semua stakeholder atas terlaksananya PPDB daring ini. Semoga segala niat baik dan ikhtiart kita untuk mencapai “Pendidikan Hebat” yang berkualitas dan berkarakter di Kota Semarang memperoleh ridho Allah SWT

Terimakasih. Maturnuwun.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Walikota Semarang

TTD

H. HENDRAR PRIHADI, SE, MM

Prakata Kepala Dinas Pendidikan

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan hidayah-Nya, Dinas Pendidikan Kota Semarang tahun pelajaran 2021/2022 kembali menyelenggarakan agenda Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Penyelenggaraan PPDB untuk tahun ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Dan Sekolah Menengah Kejuruan yang masih mengedepankan sistem zonasi. Sistem zonasi bertujuan untuk mendekatkan lingkungan sekolah dengan keluarga, menjamin pemerataan akses layanan pendidikan bermutu bagi siswa, menghilangkan eksklusivitas dan diskriminasi di sekolah negeri, membantu analisis perhitungan kebutuhan dan distribusi guru, mendorong kredibilitas pendidik dalam pembelajaran dengan kondisi siswa yang heterogen, serta memberikan bantuan / afirmasi yang lebih tepat sasaran baik sarana maupun prasarana.

Dalam rangka mendukung pelaksanaan PPDB di Kota Semarang diterbitkan Peraturan Walikota Nomor 21 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Walikota Semarang Nomor 15 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada TK, SD, SMP atau bentuk lain yg sederajat di Kota Semarang, Keputusan Walikota Semarang Nomor 420/424 Tahun 2021 tentang Nilai Akhir Pemeringkatan dan Zonasi, Keputusan Walikota Semarang Nomor 420/425 Tahun 2021 tentang Daya Tampung dan Kemudahan serta Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Nomor B/6884/421.7/VI/2021 tentang Alur Pendaftaran, Jadwal Pelaksanan, Penetapan Lingkungan Sekolah, Alur Pengesahan Piagam Prestasi, Alur Perpindahan Domisili Orangtua/Wali ke Daerah, Alur Pengesahan Pemeriksaan Peserta Didik berkebutuhan Khusus dalam Zona, Alur Pengesahan Asesmen siswa usia 5 (lima) tahun 6 (enam) bulan sampai 6 (enam) tahun per tanggal 1 (satu) Juli 2021 dalam zona, dan Pakaian Seragam Sekolah dalam rangka Penerimaan Peserta Didik Baru di Kota Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Penyusunan PPDB melibatkan pemangku kepentingan pendidikan dari berbagai unsur yang peduli terhadap pendidikan di Kota Semarang, antara lain Komisi D DPRD Kota Semarang, Ombudsman Republik Indonesia, Perguruan Tinggi, Dewan Pendidikan Kota Semarang, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), Organisasi Profesi dan BMPS (Badan Musyawarah Perguruan Sekolah) Kota Semarang.

Dalam rangka mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di era adaptasi kebiasaan baru (new normal) maka PPDB dilaksanakan dalam jaringan (daring), warga masyarakat tidak perlu mendaftar ke Satuan Pendidikan karena proses pra pendaftaran sampai dengan daftar ulang dapat dilakukan dari rumah. Warga masyarakat juga tidak perlu melakukan cabut berkas karena pendaftar SD diberi kesempatan untuk memilih 3 (tiga) sekolah sedangkan pendaftar SMP diberi kesempatan untuk memilih 4 (empat) sekolah. Semua data calon peserta didik sudah masuk dalam Database PPDB, antara lain data Kependudukan dari Dispendukcapil, data Rapor diambil dari e-rapor, data Prestasi Kejuaraan diambil dari aplikasi Sangjuara, data Lingkungan merupakan usulan dari sekolah diketahui oleh Lurah, data siswa miskin dari DTKS Dinas Sosial. Dengan demikian pada saat mendaftar, pendaftar cukup memasukkan NIK dan tanggal lahir.

Akhir kata, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung terselenggaranya PPDB tahun ini, khususnya pada dinustekPT. Dinustek sebagai pemenang lelang penyedia jasa konsultan atas segala failitas yang disediakan sehingga PPDB dapat berjalan tertib dan lancar.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Kepala Dinas Pendidikan
Kota Semarang

TTD

GUNAWAN SAPTOGIRI, S.H., M.M.