Sambutan Walikota

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

walikota semarangDalam beberapa tahun terakhir ini Pemerintah Kota Semarang sedang berusaha keras untuk melakukan Revolusi Mental dan Reformasi Birokrasi dalam segala bidang. Dua hal tersebut (reformasi dan revolusi) menjadi penting kami lakukan untuk mendorong terwujudnya Kota Semarang yang lebih baik dan lebih hebat dari sebelumnya, termasuk menghilangkan praktik Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme di Kota Semarang.

Untuk itu sebagai bagian dari upaya Revolusi Mental dan Reformasi Birokrasi di bidang pendidikan, mulai tahun 2012 Pemerintah Kota Semarang menjalankan sistem Penerimaan Peserta Didik Online pada semua jenjang pendidikan. Tujuannya adalah agar dapat tercipta sebuah penyelenggaraan pendidikan yang bersih dari praktik Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme.

Dan atas dukungan panjenengan sekalian dalam menjalankan sistem tersebut, dalam Indeks Persepsi Korupsi di Indonesia, yang dirilis pada tahun 2015, Kota Semarang berhasil berada di peringkat ke-3 terbaik se-Indonesia.

Untuk itu untuk meneruskan trend positif tersebut, pada tahun ini Dinas Pendidikan Kota Semarang, kembali menyelenggarakan penerimaan siswa baru menyelenggarakan Penerimaan Peserta Didik (PPD) online. PPD Online tahun ini tentu saja kami selenggarakan dengan berbagai penyempurnaan, sesuai masukan dari berbagai pihak, yang memiliki komitmen tinggi untuk adanya peningkatkan mutu Pendidikan di Kota Semarang.

Besar harapan kami, melalui Penerimaan Peserta Didik Online ini Kota Semarang dapat mengimplementasikan amanat yang terkandung dalam sila ke-5 Pancasila, yaitu “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.
 
Terakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya penyelenggaraan PPD tahun sebelumnya dan tahun ini. Semoga Allah SWT selalu meridhoi niat luhur kita semua untuk Pendidikan Hebat yang berkualitas dan berkarakter di Kota Semarang.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Walikota Semarang

TTD

HENDRAR PRIHADI, S.E., M.M.

Prakata Kepala Dinas Pendidikan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

kepala dinas pendidikan kota semarangPuji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan hidayah-Nya, Dinas Pendidikan Kota Semarang tahun pelajaran 2017/2018 kembali menyelenggarakan agenda rutin yaitu Penerimaan Peserta Didik (PPD) secara online dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya masyarakat Kota Semarang sebagai bentuk implementasi Peraturan Walikota nomor 4 tahun 2015 tentang Sistem dan Tata Cara Penerimaan Peserta Didik di Kota Semarang, Keputusan Walikota Semarang nomor: 420/420 tahun 2017 tentang Penetapan Rayonisasi dan Daya Tampung Penerimaan Peserta Didik. Keputusan Walikota Semarang nomor: 420/419 tahun 2017 tentang Penetapan Tambahan Penilaian dan Rumus Perhitungan Nilai Akhir Seleksi Penerimaan Peserta Didik serta Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang nomor: 421.7/2932 tentang Penetapan Jadwal, Lingkungan Sekolah, Alur Pengesahan Piagam Prestasi  Dan Pakaian Seragam Sekolah Dalam Rangka Penerimaan Peserta Didik di Kota Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. 
 
Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik yang menjunjung tinggi azas akuntabilitas dan transparansi diwujudkan Dinas Pendidikan Kota Semarang dengan menerapkan sistem PPD Online sebagai media bagi masyarakat dan seluruh elemen untuk memantau pelaksanaanya, hal ini bertujuan agar dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik dapat lebih transparan, informatif, akuntabel sehingga seluruh data yang tersaji dalam Aplikasi PPD Online memudahkan seluruh lapisan masyarakat dalam mengakses segala informasi secara lengkap dan detail. 

Penyusunan Sistem dan Tata Cara PPD di Kota Semarang tahun 2017 ini melibatkan pemangku kepentingan pendidikan dari berbagai unsur yang peduli terhadap pendidikan di Kota Semarang, antara lain Komisi D DPRD Kota Semarang, Perguruan Tinggi, Dewan Pendidikan, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), Ombudsmen, Organisasi Profesi dan BMPS (Badan Musyawarah Perguruan Sekolah) Kota Semarang. Secara teknis, penyelenggaraan PPD tahun 2017 hanya melaksanakan penerimaan di jenjang TK, SD, dan SMP saja karena jenjang SMA dan SMK sudah menjadi kewenangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

Akhir kata, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung terselenggaranya PPD online tahun ini, khususnya pada dinustekdinustek sebagai penyedia jasa pembuatan sistem online dan udinusUDINUS atas segala fasilitas yang disediakan sehingga PPD online dapat berjalan tertib dan lancar. 


Wassalamu'alaikum Wr. Wb
 

Kepala Dinas Pendidikan
Kota Semarang

TTD

Drs. BUNYAMIN, M.Pd.