Sambutan Walikota

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

walikota semarangPemerintah Kota Semarang mempunyai komitmen mutu dan akses dalam penyelenggaraan pendidikan, salah satunya melalui penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilaksanakan dalam jaringan (daring) atau dikenal secara online jenjang TK/SD dan SMP. PPDB merupakan wujud nyata dari layanan publik di bidang pendidikan yang mudah, cepat, efisien, transparan, terukur dan akuntabel yang melibatkan sekolah, orang tua/wali, peserta didik, serta masyarakat.

PPDB online mendukung pengembangan e-government melalui slogan: BE SMART CITY (Based on E-government, Semarang More Accountable, Realistic and the Transparent City) sesuai dengan kebijakan Kota Semarang dalam pengembangan Smart City , khususnya Electronic Government (e-Gov) di urusan pendidikan. Di samping itu, PPD online juga mengajak sedulur semua untuk bergerak bersama membangun mutu pendidikan menuju "Semarang Hebat" yang kita cita-citakan.

Sesuai dengan Visi dan Misi 5 (lima) tahun kedepan, urusan pendidikan menjadi salah satu prioritas pembangunan yang ingin dicapai untuk meningkatkan SDM di Kota Semarang dan mendorong seluruh masyarakat untuk peduli pendidikan putra-putrinya serta diharapkan tidak ada anak yang tidak sekolah dan dapat tertampung seluruhnya pada semua jenjang pendidikan baik pada sekolah negeri maupun sekolah swasta.

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya penyelenggaraan PPDB tahun ini. Semoga Allah SWT selalu meridhoi niat luhur kita semua untuk mencapai “Pendidikan Hebat” yang berkualitas dan berkarakter di Kota Semarang.
 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Walikota Semarang

TTD

HENDRAR PRIHADI, S.E., M.M.

Prakata Kepala Dinas Pendidikan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

kepala dinas pendidikan kota semarangPuji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan hidayah-Nya, Dinas Pendidikan Kota Semarang tahun pelajaran 2018/2019 kembali menyelenggarakan agenda Penerimaan Peserta Disdik Baru (PPDB) secara online, dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
 
Penyelenggaraan PPDB untuk tahun ini berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini PPDB mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2018 yang mengedepankan sistem zonasi.

Sistem zonasi bertujuan untuk mendekatkan lingkungan sekolah dengan keluarga, menjamin pemerataan akses layanan pendidikan bermutu bagi siswa, menghilangkan eksklusivitas dan diskriminasi di sekolah negeri, membantu analisis perhitungan kebutuhan dan distribusi guru, mendorong kredibilitas pendidik dalam pembelajaran dengan kondisi siswa yang heterogen, serta memberikan bantuan / afirmasi yang lebih tepat sasaran baik sarana maupun prasarana.

Dalam rangka mendukung pelaksanaan PPDB di Kota Semarang diterbitkan Peraturan Walikota nomor 29 Tahun 2018, Keputusan Walikota Semarang nomor 422/575 tahun 2018, serta Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Nomor: 422.1/4642.

Penyusunan PPDB melibatkan pemangku kepentingan pendidikan dari berbagai unsur yang peduli terhadap pendidikan di Kota Semarang, antara lain Komisi D DPRD Kota Semarang, Perguruan Tinggi, Dewan Pendidikan, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), Ombudsmen, Organisasi Profesi dan BMPS (Badan Musyawarah Perguruan Sekolah) Kota Semarang.

Akhir kata, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung terselenggaranya PPD online tahun ini, khususnya pada dinustekdinustek sebagai penyedia jasa pembuatan sistem online dan udinusUDINUS atas segala fasilitas yang disediakan sehingga PPD online dapat berjalan tertib dan lancar.


Wassalamu'alaikum Wr. Wb
 

Kepala Dinas Pendidikan
Kota Semarang

TTD

Dr. BUNYAMIN, M.Pd.